Amazon Online Store

Amazon Online Store

Cari Blog Ini

Toko Buku Online Terlengkap

About Me

Senin, 12 November 2012

Pemprov Jabar Patenkan 4 Ternak Asli Jawa Barat

Domba Garut (Domba lokal Jawa Barat asli dari Garut)

Ayam Pelung (Ayam lokal Jawa Barat asli dari Cianjur)


Ayam Sentul (Ayam lokal Jawa Barat asli dari Ciamis)

Itik Rambon ( Itik Lokal Jawa Barat Asli dari Cirebon)


Jawa Barat memiliki kekayaan sumber daya ternak yang melimpah dan unik. Untuk menjaga potensi tersebut, Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Peternakan Jabar telah mematenkan sebanyak empat komoditas peternakan asli Jabar. Yakni domba garut, ayam pelung, ayam sentul, dan itik rambon atau itik khas Cirebon.

"Pematenan komoditas tersebut diharapkan tidak ada lagi pengakuan dari pihak lain," ujar Kepala Dinas Peternakan Jabar Koesmayadi Tatang Padmadinata kepada wartawan, Minggu (11/11/2012).

Dia menjelaskan, tindakan pematenan untuk mencegah aksi pengakuan hak milik seperti yang telah dilakukan Jepang terhadap ayam pelung baru-baru ini. Padahal, ayam jenis tersebut merupakan hewan asli dari Tatar Pasundan.

Lebih lanjut Koesmayadi menuturkan, sentra ayam pelung terdapat di Sukabumi dan Cianjur, ayam sentul terpusat di Ciamis, itik rambon di Cirebon, sedangkan sentra domba Garut terdapat di wilayah Garut dan Bandung.

Khusus komoditas domba Garut, pihaknya mengandalkan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Balai Pengembangan Perbibitan Ternak Domba (BPPTD) Margawati Garut. Tempat ini menjadi pusat penelitian dan pengembangan domba yang tidak dimiliki wilayah lain.

Menurutnya, para peternak Jabar lebih memilih menggunakan pakan jenis lokal. Pasalnya, pakan ini memiliki kualitas baik dan berserat tinggi.

“Peternak lokal di Jabar seperti peternak domba dan ayam pelung sudah bisa adaptasi sehingga banyak yang menggunakan sumber pakan lokal, dan menghasilkan produksi peternakan yang baik,” katanya.

Untuk diketahui, Jabar menjadi sentra produksi unggas melalui catatan jumlah populasi tahun 2011, ayam buras sebanyak 27.396.416 ekor, ayam pedaging 97.210.574 ekor, itik 9.310.715 ekor dan ayam petelur 11.930.515 ekor.

Sementara populasi pada ternak lainnya yakni domba sebanyak 7.041.437 ekor, kambing 2.016.867 ekor, sapi potong 422.989 ekor, sapi perah 139.970 ekor dan kerbau 130.157 ekor

Sumber: www.disnak.jabarprov.go.id, Senin, 12 Nopember 2012

Comments :

0 komentar to “Pemprov Jabar Patenkan 4 Ternak Asli Jawa Barat”

Posting Komentar

Followers

Total Tayangan Halaman

 

Copyright © 2009 by Info Agrobisnis Anda